Saturday, December 8, 2018

Fungsi Pernyataan If, Else If, dan Else Dalam Bahasa C/C++

gambar 1.1

dalam setiap bahasa pemprograman ada yang namanya operator pernyataan yakni operator yang menunjukan keadaan benar salahnya suatu program yang dibuat. maksud saya adalah sebuah program akan tertentu akan dijalankan jika nilai yang ditentukan dalam program sesuai dengan nilai masukan.
IF adalah operator pernyataan yang berfungsi untuk mengecek pernyataan yang di masukan atau membandingkan pernyataan dan jika nilai yang ada didalam pernyataan tersebut sesuai atau sama dengan syarat maka program yang ada didalam fungsi if akan dijalankan jika tidak sesuai maka akan tidak dijalankan.


FUNGSI ELSE
program pernyataan if biasanya selalu berdampingan dengan fungsi else fungsi else hanya bisa berjalan saat menggunakan fungsi if. apa fungsi else dalam program c++ ? else berfungsi untuk menerima nilai jika pernyataan if yang dibuat tidak memenuhi persyaratan dari program yang dibuat atau bisa dikatakan else adalah fungsi yang menerima selain dari persyaratan if tetapi dengan syarat bahwa program if yang dibuat tidak memenuhi syarat maka fungsi else dapat berjalan. jadi fungsi else tidak membutuhkan persayaratan () yang dibuat user melainkan akan secara otomatis.

FUNGSI ELSE IF
didalam fungsi pernyataan if ada juga fungsi tambahan else if (jika tidak). else if berfungsi untuk membuat fungsi lain seperti fungsi if seperti pernyataan tambahan atau fungsi pernyataan kedua jika fungsi if tidak memenuhi syarat. else if biasanya digunakan untuk membuat program yang membutuhkan persyaratan tertentu dan berbeda beda.

CONTOH :
gambar 1.2



Read More

Sunday, October 14, 2018

Fungsi Printf pada C/C++ dan contohnya

Printf merupakan sebuah fungsi dalam file header <Ssdio.h>. Printf berfungsi untuk menampilkan suatu keluaran pada layar praga
Selamat belajar bahasa C
Misalnya pernyataan yang diperlukan berupa :
Printf("Selamat belajar bahasa C");
Pernyataan diatas berupa pemanggilan fungsi printf() dengan argumen atau parameter berupa string. Dalam C/C++ suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik-ganda ("). Perlu juga diketahui pernyataan dalam C/C++ selalu diakhiri dengan tanda (;). Tanda  titik koma dipakai sebagai tanda perhentian sebuah pernyataan dan bukan sebagai pemisah antara dua pernyataan.
Tanda \ pada string yang dilewatkan sebagai argumen printf() mempunyai makna yang khusus. Tanda ini bisa digunakan untuk menyatakan karakter khusus seperti karakter baris-baru ataupun karakter bacsklash (miring kiri) . Jadi karakter seperti \n sebenarnya menyatakan  sebuah karakter. Contoh karakter yang ditulis dengan diawali tanda \ adalah:
\"     menyatakan karakter petik-ganda
\\      menyatakan karakter backslah
 \t     menyatakan karakter tab
dalam bentuk umum , format printf()
printf("string kontrol", daftar argumen);
dengan string kontrol dapat berupa  satu atau sejumlah karakter yang akan ditampilkan ataupun berupa penentu format yang akan mengatur penampilan dari argumen yang terletak pada daftar argumen. mengenai penentu format di antaranya berupa:
%d untuk menampilkan bilangan bulat (integer)
 %f untuk menampilkan bilangan titik-mengambang (pecahan)
%c untuk menampilkan sebuah karakter
%s untuk menampilkan sebuah string
Contoh :
        #include <stdio.h>
        main()
            {
                     printf("No     :   %d\n",  10);
                     printf("Nama   :  %s\n",  "asli");
                     printf("Nilai   :  %f\n",  80.5);
                    printf("Huruf   :  %c\n",  'A');
             }
Read More

Sunday, October 7, 2018

Fungsi switch pada C/C++ dan contohnya

gambar 1.0

Pada umumnya penyataan switch dan break tidak jauh berbeda seperti pernyataan penyeleksian IF dan else, yang berbeda adalah switch dikhususkan untuk penyeleksian berdasarkan nilai dari ekspresi.Pernyataan switch adalah pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan.Perintah switch dan break ini juga digunakan untuk menyelesaikan program yang memiliki banyak cabang atau alternatif.

Bentuk umum pernyataan switch :

switch (ekspresi)
                   {
                      case konstanta-1:
                      pernyataan1;
                      break;

                      case konstanta- 2:
                      pernyataan2;
                      break;

                      case konstanta- 3:
                      pernyataan3;
                      break;

                      default:
                      pernyataan
                      break:
                    }
Dengan ekspresi dapat berupa ekspresi bertipe integer atau bertipe karakter. Demikian juga dengan konstanta 1, 2, maupun 3 dapat berupa konstanta integer atau karakter. Dan setiap pernyataan dapat berupa pernyataan tunggal dan pernyataan jamak.

Dibawah ini adalah contoh program pemakaian pernyataan switch :

                  #include <stdio.h>

                      main()
                       {
                            int UKM;
                              printf("tekan angka 1-4 untuk memilih UKM:");
                              scanf("%d", &UKM);
                       switch(UKM)
                      {
                          case 1:
                             printf("1.UKM Music");
                          break;
                          case 2:
                             printf("2.UKM Cyber");
                          break;
                          case 3:
                             printf("3.UKM Futsal");
                          break;
                          case 4:
                             printf("4.UKM Badminton");
                          break;
                          default:
                             printf("Pilihan Angka cuma 4");
                      }
                      }
Ini adalah hasil dari program di atas :

hasil saat pertama kali di buka
gambar 2.0
hasil setelah memilih angka
gambar 3.0


Read More

Saturday, October 6, 2018

Algoritma dan Pemrograman


hai pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang algoritma dan pemrograman, apasih algoritma itu...? dan apasih pemrograman itu...?
mari kita bahas satu persatu.

Agoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang di tulis secara berurutan.
syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh suatu algoritma:

  • Logika prosedur pada algoritma harus cukup mudah dipahami nalar manusia
  • Validitas prosedur pada algoritma dapat di telusuri dengan mudah
  • Tidak menimbulkan kerancuan interprestasi bagi orang lain
  • Prosedur pada algoritma harus cukup mudah dikonversi le program komputer
  • Prosedur algoritma tidak terpengaruh oleh bahasa pemrograman apapun

Program terstruktur memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Penulisan program menjadi lebih teratur
  2. Program tersusun secara sistematis
  3. Program tersusun secara struktur
  4. Lebih mudah dipahami
  5. Urutan proses dalam program menjadi sederhana dan mudah dipahami


Sedangkan pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Dan tujuan dari pemrograman sendiri adalah  untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pemrograman:
1. Sintaksis(tata bahasa yg digunakan)
apabila terjadi kesalahn sintaksis, maka akan langsung terlihat, karena komputer akan menampilka pesan yang salah
2. Semantik (maksud yang dikandung dalam setiap pernyataan)
kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurang pahaman terhadap setiap pernyatan yang dituliskan pada program. Sehingga walaupun program dapat berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki
3. Kebenaran logika (benar atau tidaknya urutan pernyataan)
bentuk kesalahan kebenaran pada logika merupakan kesalahan dalam mengimplementasikan masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika
Pengelompokan bahasa pemrograman:
1. Tingkat Rendah (Low Level)
Biasanya sulit dipahami karena berhubungan dengan mesin komputer itu sendiri atau biasa disebut bahasa mesin
Contohnya: Bahasa Assembler
2. Tingkat Tinggi (High Level)
Memakai kata-kata dan pernyataan yang mudah di mengerti oleh manusia, meskipun masih jauh dengan bahasa manusia sesungguhnya
Contoh: Pascal,C,C++
Read More

Tuesday, January 30, 2018

Jenis-Jenis topologi jaringan

hi apa kabar semuanya kali iisaya akan membahas tentang jenis-jenis topologi jaringan.
topologi jaringan adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, berdasarkan  hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, danstation.
Toologi sendiri dibedakan menjadi 6 yaitu:

1. Topologi Bus

Topologi ini adalah topologi yang pertama kali digunakan untuk menghubungkan komputer. dalam topologi ini masing-masing komputer aka terhububng ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator.
Kelebihan topologi bus antara lain:

  • Tidak memerlukan sumber daya kabel yang banyak
  • Biayanya lebih murah dibanding dengan topologi lainnya
  • tidak terlalu rumit jika kita ingin menambah jangkauan jaringan
Kekurangannya antara lain:

  • Tidak cocok untuk Trafic(lalu lintas) jaringan yang padat.
  • Sangat sulit untuk melakukan troubleshoot pada topologi bus
  • Lebih lambat dibandingkan dengan topologi yang lain.
2. Topologi Star
Seperti namanya susunan pada topologi STAR sama seperti lambang bintang yang biasa kita buat. topologi ini memiliki node inti/tengah yang disambungkan ke node lainnya.
Kelebihan topologi star:

  • Sangat mudah dikembangkan.
  • Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB).
  • Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
Kekurangannya SBB:

  • Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub.Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
  • Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub.
  • Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat.
3. Topologi Ring
Pada Topologi Ring, masing-masing titik/node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, artinya masing-masing perangkat saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya kemudian meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.
Kelebihan topolologi ini adalah:

  • Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.
  • Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
  • Waktu untuk mengakses data lebih optimal.
Kekurangannya adalah:

  • Apabila ada satu komputer dalam topologi ring ada yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
  • Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan
  • Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.
4. Topologi Mesh
 Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
Kelebihannya:

  • Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance
  • Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
  • Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
Kekurangannya:
  • Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
  • Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
Kelebihannya:
  • mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
  • Koneksi terjadi secara point to point.
  • Mudah di kembangkan.
Kekurangannya:
  • menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan lambat
  • jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga
  • Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel dari pada topologi lain.
6. Topologi Linier
biasa disebut dengan topologi bus beruntut.
Kelebihannya:
  • hemat kabel
  • tidak butuh kendali pusat
  • Murah Meriah
Kekurangannya:
  • deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  • Keamanan kurang
  • diperlukan pengulang (repeater) untuk jarak jauh.
Sekian beberapa topologi yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat.


Read More

Standar Operasional Prosedur( SOP) Menyalakan komputer

Gambar 1

Assalamualiakum  apa kabar semuanya kali ini saya akan membahas tentang standart operasional prosedure menyalakan komputer atau biasa kita singkat SOP
Apasih SOP itu?
SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif.
Berikut adalah cara penggunnaan komputer dengan benar
1. Persiapan penyalaan komputer

  • Pastikan perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung
  • Pastikan apakah PC/laptop anda telah terinstal Sistem operasi didalamnya.
2. Menyalakan Komputer

  • Menekan tombol power CPU kemudian diikuti dengan menekan tombol monitor.
  • Akan ditampilkan POST (Power On Self Test) yang muncul di layar. POST ini adalah sebuah proses pendeteksian perangkat-perangkat yang ada di dalam komputer.
  • Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul
  • Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul. Biasanya akan ditampilkan logo Windows (apabila menggunakan Windows OS) Bila dilihat dari tampilan Operating System (OS) di atas terdapat beberapa tombol-tombol misalkan tombol START yang digunakan sebagai pembuka suatu aplikasi, serta tombol-tombol yang lainnya.
Sekian ilmu yang bisa saya sampaikan terimakasih
Read More

Thursday, December 7, 2017

macam-macam bunyi beep pada bios dan cara mengatasinya




hi semuanya apa kabar? semoga sehat selalu.
Terkadang ada beberapa orang yang pernah mendengar bunyi beep, tetapi mereka tidak mengerti apa maksud dari bunyi beep tersebut, sehingga ketika ada kerusakan pada PC, mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasinya oleh sebab itu saya akan memberitahu cara mengatasinya.

  • Award bios
    • 1 beep pendek → PC dalam keadaan baik
    • 1 beep panjang → Problem di memori
    • 1 beep panjang 2 beep pendek → Kerusakan di modul DRAM parity
    • 1 beep panjang 3 beep pendek → Kerusakan di bagian VGA.
    • Beep terus menerus → Kerusakan di modul memori atau memori video

  • Ami Bios
    • 1 beep pendek → DRAM gagal merefresh
    • 2 beep pendek → Sirkuit gagal mengecek keseimbangan DRAM Parity (sistem memori)
    • 3 beep pendek → BIOS gagal mengakses memori 64KB pertama
    • 4 beep pendek → Timer pada sistem gagal bekerja
    • 5 beep pendek → Motherboard tidak dapat menjalankan prosessor
    • 6 beep pendek → Controller pada keyboard tidak dapat berjalan dengan baik
    • 7 beep pendek → Video Mode error
    • 8 beep pendek → Tes memori VGA gagal
    • 9 beep pendek → Checksum error ROM BIOS bermasalah
    • 10 beep pendek → CMOS shutdown read/write mengalami errror
    • 11 beep pendek → Chache memori error
    • 1 beep panjang → 3 beep pendek Conventional/Extended memori rusak
    • 1 beep panjang → 8 beep pendek Tes tampilan gambar gagal
  • Ibm bios
    • Tidak ada beep → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang
    • 1 beep pendek → Normal POST dan PC dalam keadaan baik
    • Beep terus menerus → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang
    • Beep pendek berulang-ulang → Power supply rusak, card monitor/RAM tidak terpasang
    • 1 beep panjang 1 beep pendek → Masalah Motherboard
    • 1 beep panjang 2 beep pendek → Masalah bagian VGA Card (mono)
    • 1 beep panjang 3 beep pendek → Masalah bagian VGA Ccard (EGA).
    • 3 beep panjang → Keyboard error
    • 1 beep, blank monitor → VGA card sirkuit
  • Phoenix bios
Kode beep pada Phoenix BIOS sedikit berbeda dengan bunyi beep pada type BIOS lainnya. Pada PHOENIX serangkaian beep akan dipisahkan oleh jeda, jadi tidak menurut panjang atau pendeknya, misalnya : beep - beep beep - beep - beep beep akan menjadi 1-2-1-2
    • 1-1-4-1 → Kesalahan Cache (Level 2)
    • 1-2-2-3 → ROM BIOS Checksum
    • 1-3-1-1 → DRAM Segarkan Uji
    • 1-3-1-3 → Keyboard kontroler uji
    • 1-3-4-1 → RAM Kegagalan pada baris alamat xxxx (cek memori)
    • 1-3-4-3 → RAM Kegagalan pada xxxx bit data byte rendah dari bus memori
    • 1-4-1-1 → RAM Kegagalan pada xxxx bit data byte tinggi dari bus memori
    • 2-1-2-3 → ROM pemberitahuan hak cipta
    • 2-2-3-1 → Test untuk interupsi tak terduga
    • 1-1-4 → BIOS rusak
    • 1-2-1 → Motherboard rusak
    • 1-3-1 → Masalah RAM, RAM tidak terpasang dengan baik
    • 3-1-1 → Motherboard Rusak
    • 3-3-4 → Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan baik.
Read More