Tuesday, May 16, 2017

Cara bootable windows dengan rufus


Hi kawan-kawan bertemu dengan saya lagi haidar pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membootable windows menggunakan rufus.
Tetapi sebelum kita membahas membootable windows dengan rufus saya akan menjelaskan sedikit tentang bootable.
Apasih bootable itu.........? 
Bootable adalah sebuah proses pengopian file os yg ditempatkan(simpan) pada flashdisk,cd/dvd,atau penyimpanan lainnya dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan softwarenya dan siapkan flashdisk
saya akan menggunakan rufus untuk membootablenya
dan OS nya saya menggunakan windows 7 yang berbentuk iso.
Mari kita mulai:
1. Tancapkan flashdisk pada port usb laptop/pc anda
2. Buka aplikasi rufusnya
gambar 1

3. Sekarang  klik gambar cd yg ada tanda merah digambar
gambar 2

4. Sekarang cari file iso windows 7 milik anda
gambar 3

5. Setelah anda klik file iso nya klik tombol open
gambar 4

6. Lalu klik tombol start
gambar 5

7. Jika muncul tanda seperti dibawah klik ok saja (itu artinya flashdisk  anda akan diformat secara otomatis oleh rufus)
gambar 6

8. Tunggu beberapa saat  proses bootable sedang berjalan
gambar 7

Selagi menunggu prosesnya anda bisa membuat kopi dan meminumnya dulu....... karena prosesnya agak lama
9. Setelah prosesnya selesai klik close
gambar 8

Selesai.......
Selamat mencoba............
Sekarang anda mengerti bagaimana cara membootable windows menggunakan rufus
Sekian pertemuan kita kali ini kita akan membahas hal yang lain pada kesempatan lain
Semoga bermanfaat............



EmoticonEmoticon