Saturday, December 8, 2018

Fungsi Pernyataan If, Else If, dan Else Dalam Bahasa C/C++

gambar 1.1

dalam setiap bahasa pemprograman ada yang namanya operator pernyataan yakni operator yang menunjukan keadaan benar salahnya suatu program yang dibuat. maksud saya adalah sebuah program akan tertentu akan dijalankan jika nilai yang ditentukan dalam program sesuai dengan nilai masukan.
IF adalah operator pernyataan yang berfungsi untuk mengecek pernyataan yang di masukan atau membandingkan pernyataan dan jika nilai yang ada didalam pernyataan tersebut sesuai atau sama dengan syarat maka program yang ada didalam fungsi if akan dijalankan jika tidak sesuai maka akan tidak dijalankan.


FUNGSI ELSE
program pernyataan if biasanya selalu berdampingan dengan fungsi else fungsi else hanya bisa berjalan saat menggunakan fungsi if. apa fungsi else dalam program c++ ? else berfungsi untuk menerima nilai jika pernyataan if yang dibuat tidak memenuhi persyaratan dari program yang dibuat atau bisa dikatakan else adalah fungsi yang menerima selain dari persyaratan if tetapi dengan syarat bahwa program if yang dibuat tidak memenuhi syarat maka fungsi else dapat berjalan. jadi fungsi else tidak membutuhkan persayaratan () yang dibuat user melainkan akan secara otomatis.

FUNGSI ELSE IF
didalam fungsi pernyataan if ada juga fungsi tambahan else if (jika tidak). else if berfungsi untuk membuat fungsi lain seperti fungsi if seperti pernyataan tambahan atau fungsi pernyataan kedua jika fungsi if tidak memenuhi syarat. else if biasanya digunakan untuk membuat program yang membutuhkan persyaratan tertentu dan berbeda beda.

CONTOH :
gambar 1.2




EmoticonEmoticon