Tuesday, February 5, 2019

PENGENALAN JAVASCRIPT


gambar 1.1

Halo apa kabar pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang java script.
Apasih javascript itu?
Mari kita bahas.
Pengertian javascript.
JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Javascript juga termasuk bahasa yang untyped maksudanya adalah jika kita membuat variabel di dalam bahasa untype itu variabelnya dapat diisi dengan tipe data yang berbeda.
Untuk menjalankan JavaScript, kita hanya membutuhkan aplikasi text editor dan web browser. JavaScript memiliki fitur: high-level programming language, client-side, loosely tiped dan berorientasi objek.
Apa sih yang bisa dilakukan dengan javascript?
      1.      Client side web development
Membuat dan mendukung pembuatan aplikasi web dari sisi client atau disebut juga frontend development. Kalian bisa menggunakan :
·         Native javascript / vanila javascript (javascript yang kita buat sendiri)
·         Jquery
·         Angular, react, VUE, dll.
      2.      Server side development
Pembangunan aplikasi yang berjalan disisi server atau lebih dikenal dengan backend development. Pembangunan aplikasi server ini dipelopori dengan dibuatnya sebuah library yang namanya :
·         NodeJS
·         Expressjs
Hal lain yang dapat dilakukan oleh javascript adalah membuat browser extension atau add-on, aplikasi dekstop, mobile app development, IoT dan robotic


EmoticonEmoticon